Monday, September 19, 2016

Hiasan Gantung Kreatif

Pada tutorial kali ini saya akan berbagi cara mengkreasikan hiasan gantung menggunakan kertas karton berwarna. Cara ini sangat mudah diterapkan untuk anak-anak dan kalangan dewasa. Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Perpaduan warna bisa ditentukan sesuai kreasi masing-masing.
Cara ini pertama kali diperkenalkan oleh crafter DIY pada katalog dunia bernama "Cirova". Karena hasilnya begitu cantik dan bermakna, saya posting pada website saya untuk menambah inspirasi anda. Hiasan gantung ini bisa digunakan untuk menghiasi ruang kelas anda, atau di sudut ventilasi ruang tidur anda. Saya melihat para guru-guru taman kanak dan sekolah dasar sangat antusias dalam menghiasi ruang kelas mereka dengan aneka beragam hiasan dinding, hal ini bagi saya juga mempengaruhi motivasi anak belajar karena suasana belajar yang menarik.

Berikut adalah hasil jadi dari hiasan gantung dari kertas karton ini:




















Cara membuatnya :

1. Langkah Pertama persiapkan dulu bahan-bahannya

Langsung saja pada langkah pembuatannya, sebelumnya persiapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan ditempat tinggal anda, diantaranya :
- Kertas karton berwarna
- Cetakan pola atau anda bisa menggambarnya sendiri sesuai pola di atas kertas
- Benang layang-layang
- Lem kertas
- Mutiara (pernak-pernik)/mute
- Gunting




















2. Sebelum menggambar pola pada kertas berwarna, pastikan anda sudah tergambar pola dengan desain yang baik.




















3. Gambarlah pola pada kertas karton berwarna dan guntinglah dengan hati-hati agar tidak melampaui atau mengurangi batas pola. Pilah gambar seperti di bawah ini



















4. Persiapkan benang dan mute. Masukkan mute dalam benang dan tutup benang dengan mengikatkan simpul mati agar mute tidak keluar dari benang.









































6. Lalu tempel benang dengan cetakan pola yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan lem. dan rangkai hingga menjadi hiasan gantung yang cantik.









































































Sekian tutorial kali ini, pada postingan selanjutnya saya akan berbagi kreasi DIY yang terbuat dari kain flanel. Selamat mencoba semoga berhasil...

Sumber :http://www.narandaiswari.com/2016/05/tutorial-hiasan-gantung-paling-kreatif.html


5 comments: